Tutorial Mengganti Template Blog yang Benar Hingga Mampu Meningkatkan Pengunjung

Hasil gambar untuk mengganti template di blog
Tutorial mengganti template blog. Sumber; bos-tutorial.blogspot.com

Ada kalanya admin blog sudah bosan dengan tamplate yang terpasang di blognya. Sehingga ia perlu untuk mengganti template blognya agar tampilan di blognya tidak terkesan membosankan dan jadul. Hal ini sering dilakukan oleh para blogger di Indonesia, saya sendiri contohnya.


Bukan hanya soal tampilan yang membuat template suatu blog diganti. Berikut ini beberapa sebab yang paling sering dialami oleh blogger, sehingga template blog harus diganti;

➣ Struktur template sudah tidak layak lagi
➣ Sering terjadi error pada halaman blog, yang disebabkan karena template
➣ Desain sudah ketinggalan zaman (Jadul)
➣ Template blog sudah berat, tidak responsive
➣ Telah cukup umur (sudah terpakai 2 tahun lebih)

Nah itu untuk beberapa penyebab yang paling sering.

Hal yang Harus di Perhatikan Ketika Mau Mengganti Template Blog

Mengganti template blog itu nggak asal upload file template ke blogger. Tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan nggak boleh dilupakan. 

Mengapa?

Karena mengganti template pada blog dengan cara yang salah bukan hanya membuat sobat capek karena harus mendesain ulang. Ada hal yang lebih buruk dari hal itu. Yaitu jumlah pengunjung blog sobat akan mengalami penurunan, dan bisa juga mempengaruhi ranking di search engine.

Oleh karena hal itu, perhatikan dan praktekkhan beberapa hal penting berikut ini sebelum mengganti template blog ;

➣ Salin kode verifikasi google webmaster, google analytic, dan verifikasi kode lainnya sebelum mengganti template. Kode verifikasi biasanya terletak di bagian bawah kode head. Sobat bisa copy terlebih dahulu kode verifikasi yang penting, lalu di paste ke dalam notepad atau ms. word.

➣ Jangan meghapus bagian penting dari halaman blog sobat melalui html di template lama. Misalnya bagian tombol share, bagian halaman, dan bagian penting lainnya yang saat ini ada di blog sobat.

➣ Jangan lupa juga untuk mem-backup data template lama. Hal ini bertujuan agar jika template yang baru mengalami error dan tampilan blog jadi kacau, sobat tetap aman karena template dan tampilan blog sebelumnya sudah sobat backup.

Saya ingatkan lagi, jangan sampai lupa untuk melakukan hal penting di atas sebelum sobat mengganti template baru.

Tutorial Mengganti Template Pada Blog dengan Mudah dan Cepat

Langsung ke tutorial ya!

1. Silahkan sobat masuk ke dalam dashboard blog yang ingin templatenya diganti. Tentunya menggunakan akan blog sobat sendiri.

Dashboard blog, contoh tampilan blog yang ingin dirubah templatenya.



















2. Setelah masuk dashboard blog sobat, pilih menu Tema, tepatnya ada di bagian bawah sebelah kiri. Lalu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini ;

Tampilan ketika sobat menekan tombol Tema.























3. Setelah selesai langkah ke-2, sekarang sobat tekan lagi tombol yang berada di pojok kanan atas. Itu lo yang bertuliskan "Backup / Pulihkan". Seperti yang sudah saya katakan di atas, bahwa sebelum mengganti template yang baru, lebih baik di backup dulu template yang lama.

Jika sobat klik menu pada tombo tadi, maka akan berubah menjadi seperti ini ;

Tampilan pada menu Backup / Pulihkan.























Setelah itu, klik menu pada tombol "Download Tema". Selamat template sobat sudah terbackup!

4. Setelah template yang lama terbackup, sekarang giliran mengganti dengan template blog yang baru dan pastinya seo friendly serta ringan. Perhatikan gambar di bawah ini ya sob :

Menu yang sama pada langkah no. 3























Gambarnya kok sama? Tujuan berbeda sob!

Note* Template yang bisa diuploud ke blog sobat, adalah template yang berformat ".xml". Jika template yang hendak sobat uploud ke blog masih berformat "rar" atau "zip", silahkan ekstrak dulu filenya di winrar.

Untuk mengganti template yang baru, klik tombol "Choose File". Di menu ini, tujuannya adalah sobat disuruh untuk mengganti template mana yang sudah sobat sediakan. Dan sobat cari template tersebut di lokasi yang sobat simpan di laptop.

Setelah menemukan template yang akan di ganti, maka sobat harus meng-uploadnya ke blog. Cara adalah dengan menekan tombol "Uploud". Tunggu beberapa saat, saat ada tulisan diatas dengan klaimat "Template Berhasil di Uploud

5. Dan selamat! Template blog sobat sudah terganti dengan yang baru!
Demikian tadi tutorial cara mengganti template blog yang benar. Semoga bermanfaat bagi sobat. Jika dirasa memang bemanfaat, sobat bisa membantu saya untuk membagikannya melalui tombol share yang ada di bawah.

Terimakasih sudah berkunjung.

Salam....

Iklan Atas Artikel

Iklan

Iklan

Iklan