Jangan Memasang 5 Widget Ini di Blog!!

Sebagai seorang blogger, membuat tampilan blog nyaman di mata pengunjung adalah hal yang wajar. Dan membuat blog yang memiliki tampilan bagus dan indah memang bukanlah hal yang mudah. Biarpun terlihat sepele, namun bagi orang yang nggak bisa desain, misalnya memadukan warna, maka ini adalah hal yang sulit.

Dan kalau sudah begini, jalan pintasnya adalah dengan memilih template yang memiliki tampilan dan desain yang bagus. Dan sobat bisa baca postingan saya tentang template VioMagz dan template BroSense.

Kedua template tersebut sudah pernah saya gunakan dan memang sangat cocok buat blogger pemula.

Di postingan kali ini saya akan berbagi pengetahuan mengenai seputar tips ngeblog. Yaitu membahas widget apa saja yang tidak bagus untuk dipasang di blog kita. Widget yang akan kita bahas kali ini sudah terkenal akan berakibat buruk untuk blog kita.

Tips ngeblog, sumber; mas-rizal.


Oke, langsung saja kita bahas!

1. Widget peghitung pengunjung

Saya sudah pernah menggunakan widget yang satu ini di awal-awal saya mengenal blog. Pada awalnya memang saya tidak mengetahui apa efek samping yang akan terjadi jika memasang widget ini di blog.

Namun setelah beberapa bulan mengenal blog, barulah saya mengetahui apa akibat buruk menggunakan widget satu ini. Dan jika sobat ingin tahu apa saja efek buruknya, ini saya tuliskan;

  • Membuat loading blog jadi lambat
Dengan memasang widget penghitung pengunjung, maka setiap kali ada yang membuka blog kita, itu berati membutuhkan waktu yang lebih lama. Karena wodget penghitung pengunjung akan berusaha menghitung jumlah pengunjung yang datang ke blog secara terus-menerus tanpa henti. Dan hal inilah yang membuat loading blog jadi lambat.
  • Pengunjun merasa terganggu
Saya jujur tidak suka dengan blog yang punya tampilan berserakan. Dan memasang widget penghitung pengunjung bisa membuat tampilan blog jadi berserakan. Tentu hal ini sangat mengganggu para pengunjung blog.

Ketika mereka sudah merasa terganggu, maka sudah dipastikan mereka akan pergi meninggalkan blog kita begitu saja.
  • Blog kita tidak seperti blog professional
Kalau sobat perhatikan, tidak ada blog yang sudah sukses namun di dalam blognya terpasang widget penghitung pengunjung. Dan inilah yang membuat blog mereka menjadi blog yang professional dari segi tampilan.

Kita sebagai blogger pemula, tidak ada salahya kalau mengikuti apa yang mereka jalani. Biarpun konten masih jelek dan pengunjung masih sedikit, tapi kalau blog kita terlihat professional maka itu akan sangat membanggakan. 

Sebaliknya, blog yang sudah punya banyak pengunjung setiap harinya, tapi kalau untuk urusan tampilan masih kacau, maka orang akan menganggap apa?
  • Merusak tampilan blog
Sangat merusak, hal ini kerena widget penghitung pengunjung tidak memliliki desain dan tampilan yang menarik.
  • Widget penghitung pengunjung itu tidak akurat
Saya dulu pernah tertipu sob. Saat baru satu hari membuat blog, pengunjung blog saya sudah mencapai hampir 400 pengunjung. Saya waktu itu merasa bangga dan kagum. Ternyata eh ternyata, ini adalah bohong. Karena memang widget penghitung pengunjung tidaklah akurat.

Dengan adanya 5 akibat buruk tersebut, maka saya sangat menyarankan sobat untuk tidak memasang widget ini di blog. Dan penghitung pengunjung memang membuat loading blog menjadi lambat, hal ini karena semakin banyak data yang dimuat oleh laptop kita saat membuka blog.

2. Widget profil

Mungkin sobat pernah mendapat nasihat bahwa memasang widget profil fi blog itu bagus. Terutama agar pengunjung mengenal siapa kita. Dan ini juga bagus di mata google, karena kita telah mengenalan diri kita kepada pengunjung.

Itu salah...salah besar!

Untuk memperkenalkan diri kita kepada pengunjung, caranya bukan dengan menampilkan widget profil. Melainkan dengan membuat halaman khusus tentang kita dan blog kita, dan ini akan lebih rapi dan terlihat professional di mata pengunjung.

Seperti di blog ini, sobat bisa melihat halaman khusus tentang saya dan blog saya di halaman about dan disitulah saya tuliskan tentang saya dan blog ini. Dengan begitu, blog akan terlihat lebih rapi, indah, dan pastinya professional (walaupun saya masih pemula).

3. Widget pengikut

Ini juga nggan bagus!

Menampilkan widget daftar pengikut memang terlihat menarik dan bisa membuat kita menekan tombol pengikut tersebut. Namun sebenarnya widget ini tidak memberi manfaar sama sekali untuk blog kita. 

Hanya membuat tampilan blog jadi kacau dan loading jadi lama.

4. Widget kalender dan jam

Ini yang terburuk diantara yang buruk.

Tidak ada gunanya sama sekali memasang widget ini di blog. Yang ada hanya akan membuat pengunjung terganggu, membuat loading blog jadi lama, dan pastinya sangat buruk sekali. Widget ini memang terlihat bagus, tetapi tidak sebanding dengan efek buruk yang diberikan.

5. Widget kontak form

Ini lebih mirip dengan poin nomor 2. 

Jadi lebih baik jangan menampilkan widget ini di halaman depan blog. Melainkan buat halaman khusus untuk membuat halaman kontak. Seperti halaman kontak saya ini.

Bagaimana cara membuatnya? Nanti akan saya bahas khusus di postingan lainnya.


Dan inilah itulan 5 widget yang jangan pernah di pasang di blog sobat. Karena sangat buruk dan tidak membawa manfaat sama sekali. Bagikan jika sobat berkenan dan terimakasih!

Salam......

Iklan Atas Artikel

Iklan

Iklan

Iklan