Blogger Wajib Tahu! 7 Etika Berkomentar yang Baik dan Benar Untuk Menjalin Hubungan Kuat

Berkomentar adalah salah satu cara untuk menyampaikan pendapat kita melalui kotak komentar yang telah disediakan. Yang tentunya isinya akan berkaitan dengan postingan yang sedang kita baca tadi.
Berkomentar juga bisa membangun reputasi dan hubungan baik antar blogger. Karena jika disampaikan dengan baik, komentar juga bisa berisi sebuah tanggapan dari pengunjung yang sifatnya membangun.

Tetapi yang saya lihat di blog-blog yang sudah punya nama, banyak sekali orang yang berkomentar dengan tidak membawa manfaat sekali. Yang mana tujuannya hanya ingin mencari backlink ataupun promosi blog.

Komentar di blog, sumber; maxmanroe.


Tidak ada yang salah apabila kita mengejar backlink, tetapi perhatikan juga etika berkomentar yan baik itu seperti apa.

Jangan lupa untuk mendownload ebook gratis dan terbaru!! Klik disini.

Dan sebelum kita masuk ke dalam poin utama, maka tidak ada salahnya mengetahui kategori komentar yang tidak berkualitas dan harus dihindari.
Jenis komentar yang buruk dan harus dihindari

Berikut ini jenis komentar yang banyak dianggap oleh para blogger, sebagai komentar yang tidak cerdas.

OOT (Out Of Topic)

Sebenarnya tidak ada yang salah jika kita berkomentar keluar dari konten yang dibicarakan. Dengan catatan komentar yang kita sampaikan tadi adalah sesuatu yang sangat penting dan mendesak.

Misalnya sebuah blog di salah satu artikelnya membahas seputar bisnis online, nah karena kebetulan ada seorang pengunjung yang berkomentar mengenai cara optimasi seo, dengan alasan pengunjung ini sangat tidak mengerti yang namanya seo beserta optimasinya.

Jika kita berada pada posisi orang yang memberi komentar tadi, maka saran saya adalah sampaikan komentar dengan kalimat yang baik dan sopan. Karena pada posisi ini kita telah keluar dari pembahasan topik utama.

Dan apabila kita yang menjadi admin blognya, kita bisa membantunya dengan memberikan link yang berkaitan dengan optimasi seo.

Dengan begitu, kita telah berkomentar dengan baik dan kita juga telah membantu orang lain.

Hanya numpang promosi

Kalau sebelumnya ada persetujuan dari kedua pihak juga tidak masalah.

Nah kalau yang ini hanya berkomentar dengan tujuan promosi blog, namun dengan cara yang salah dan tidak sopan. Yang mana biasanya bentuk komentarnya itu selalu minta kunjungan balik kepada si admin blog, dengan memberikan link menuju blognya.

Padahal cara seperti ini tidak akan berhasil meningkatkan traffic blog. Yang ada malah di cap sebagai spam oleh pihak tertentu.

Sedangkan promosi blog itu sudah puny acara dan tempat tersendiri. Seperti misalnya di media sosilal, melalui iklan, promosi di forum-forum yang masih aktif dan lain sebagainya.

Jadi intinya adalah selalu hindari melakukan promosi blog dengan cara berkomentar di blog orang lain dan memberikan link yang masih hidup.

Berisi kata-kata yang tidak pantas

Misalnya menyinggung dan menyudutkan si pemilik blog. Atau berkomentar dengan kata-kata kasar, komentar yang berbau sara, dan bisa juga kata-kata p*n*o.

Tentu hal ini adalah perbuatan yang sangat tidak bagus sob!

Kita harus saling menghargai orang lain, kalau kita ingin dihargai. Dan tentunya harus sopan terhadap orang lain. Karena kita adalah makhluk social yang butuh sosialisasi yang baik, etika berbicara yang baik, bukanlah meyampaikan dalam bentuk yang tidak wajar.

Nice post,

Kalau ini sepertinya sangat familiar di kalangan blogger.

Berkomentar dengan hanya menyebutkan nice post, mantap artikelnya, dan lainnya. Padahal komentar seperti ini tidak punya maksud dan tujuan. Hanya membuat halaman komentar penuh.

Usahakan kurangilah untuk berkomentar dengan kalimat seperti ini. Karena hal ini hanya sia-sia belaka sob, tidak membawa manfaat sama sekali.

Sepertinya 4 poin di atas sudah cukup untuk mengindari komentar yan sifatnya buruk dan harus dihindari.

Sekarang kita masuk ke pembahasan utama.

Emang berkomentar yang baik itu seperti apa?

Berikut ini poin-poin etika berkomentar yang akan saya jelaskan.

1. Komentar yang sifatnya membangun


Sobat bisa memberikan komentar sederhana yang sifatnya membangun. Baik itu dari segi kualitas konten, ataupun membangun hal lainnya.

Sampaikan pendapat sobat yang terbaik, untuk bisa dipahami dan dimengerti oleh orang lain, dan terutama pemilik blog.

Misalnya di artikel ini (yang sedang kita bahas), sobat memberikan tambahan etika berkomentar yang baik, melalui kotak komentar. Dan sobat menyampaikannya secara sopan dan jelas.

Maka saya akan sangat senang bila mendapat komentar seperti ini. Ketika sudah senang melihat komentar yang membangun, maka biasanya sang admin akan melihat siapa yang telah membuat komentar berkualitas ini, dan langsung menuju blognya.

Hal ini tentunya sangat menguntungkan antara kedua belah pihak, sang komentar tadi beruntung mendapat kunjungan balik, dan sang admin mendapatkan masukan yang bagus.

2. Tanyakan yang tidak jelas


Dengan bertanya, maka kita juga secara tidak sengaja telah membantu pengunjung lainnya, tentunya lewat pertanyaan yang kita sampaikan.

Tapi ingat!!

Ini kalau komentar yang kita tanyakan adalah pertanyaan yang berkualitas, sehingga bisa berguna bagi pengunjung lainnya. Dan pastinya dengan kalimat yang singkat, padat dan jelas.

Misalkan pada sebuah postingan 5 blog paling bagus untuk belajar ngeblog, nah ada bagian yang belum jelas dan sobat kurang setuju pada bagian itu, maka sampaikanlah lewat kolom komentar dengan baik.

Ketika ada pengunjung lain yang mengalami hal yang sama, maka mereka tidak perlu bertanya ulang dengan sang pemilik blog, melainkan bisa memahami dari komentar yang kita sampaikan tadi.

Tentunya hal ini sangatlah bermanfaat, dan bisa saja sobat mendapatkan kunjungan balik dari pengunjung lainnya.

3. Sebutkan nama asli sobat nama blog


Jika sobat pernah menemukan blog dengan kolom komentar yang terdiri dari beberapa elemen, misalnya nama, email, nama blog dan lain sebagainya.

Nah ini khusus membahas pada elemen ‘Nama’

Ketika sobat mengisi kolom nama, maka jangan pernah untuk memasukkan keyword apapun pada bagian nama. Karena hal ini bisa saja dianggap berlebihan.

Misalnya blog sobat tentang kesehatan, maka jangan memasukkan keyword ‘cara menjaga kesehatan’ pada bagian nama tadi. Tulislah nama sobat saja atau bisa juga nama blog sobat yang sobat tulis.

Selain itu, mengisi kolom nama dengan jujur, akan menunjukkan kepada si pemilik blog, siapa sobat sebenarnya. Dan bisa juga pengunjung berfikir seperti itu, hingga pada akhirnya mereka akan melakukan klik pada nama sobat, dan mengunjungi blog sobat.

4. Gunakanlah kata-kata yang mudah dipahami


Untuk apa berkomentar dengan maksud membangun, tetapi kata-kata yang kita uraikan sulit dipahami oleh sang admin dan pengunjung lainnya.

Bahkan kita bisa dianggap berkomentar dengan kata-kata yang terlalu tinggi(seperti sedikit agak sombong). Padahal sebenarnya kita hanya ingin berkomentar sesuai dengan etika yang baik.

Tetapi karena menggunakan kata-kata yang sulit untuk dipahami, maka itulah yang kit terima. Malahan saya juga pernah melihat seseorang yang berkomentar, tetapi nggak nyambung. Sehingga hanya menjadi bahan bully-an dan ditertawakan.

5. Baca dulu, baru komen!!


Ini juga sering terjadi. Dimana seseorang tidak membaca postingan terlebih dahulu, dan langsung menuju kolom komentar. Dengan alasan nanti pertamaxnya di rebut oleh orang lain.

Padahal ini suatu kebiasaan yang tidak baik. Yang artinya kita sama saja bohong kepada sang admin, dan juga inilah salah satu penyebab banyak komentar yang isinya nggak nyambung dengan apa yang dibicarakan.

Dan saya juga punya pengalaman dari hal ini. Ketika dulu masih baru pertama kali mengenal blog, kira-kira 2 bulan baru mengenal blog. Saya pernah melakukan blogwalking dari google plus, dimana di google plus ada seorang blogger yang memposting. Dan saya tertarik untuk mengunjungi blognya.

Setelah mendarat di blognya, say abaca terlebih dahulu postingannya. Dan setelah itu saya menuju kotak komentar dan meninggalkan komentar.

Selang beberapa hari, komentar saya di balas dengan mulus dan baik. Bahkan, beliau juga mengunjungi blog saya dan berkomentar di blog saya sendiri.

Sampai pada akhirnya, kami berteman.

Suatu ketika sob, ia memposting sebuah artikel di google plus. Dan saya nggak mau kertinggalan untuk melihat postingan terbarunya itu.

Setelah sampai, saya nggak baca tuh artikel buatan dia. Dan langsung komen aja di kolom komentar.

Apa hasilnya?

Komentar saya nggak nyambung dengan apa yang dibicarakan. Hingga akhirnya saya malu sendiri dan nggak mau ngulangin lagi hal seperti ini.

6. Bantu pengunjung lainnya


Maksudnya begini,

Jika sobat mengunjungi sebuah blog, dan sobat melihat banyak sekali komentar pada salah satu postingannya. Setelah itu, sobat tertarik untuk membaca isi artikel dan komentarnya.

Setelah membaca isi artikel, sobat menuju pada bagian komentar. Dan ternyata ada pengunjung yang kesulitan memahami dan mencerna atas apa yang sudah di bacanya tadi(artikelnya tadi).

Nah karena kebetulan sobat mengerti dan paham. Maka sobat punya kesempatan bagus untuk membantu pengunjung lain mengalami kesulitan. Dan setelah tuntas membantu orang lain, maka akan banyak orang yang focus dengan apa yang kita tulis tadi.

Jadi, bantulah orang yang mengalami kesulitan dengan apa yang kita bisa.

7. Baca dan patuhi aturan berkomentar


Ini mungking sering dilupakan oleh kita semua.

Kita tidak atau jarang membaca peraturan berkomentar pada sebuah blog. Yang biasanya itu terletak pada bagian atas komentar sob.

Sebelum menuliskan komentar, lebih baik kita membaca dulu peraturan apa yang sudah ditentukan oleh sang admin blog untuk orang yang mau berkomentar. Dan bacalah hal ini terlebih dahulu.

Setelah membacanya, maka kita harus mematuhi peraturan tadi di dalam komentar kita. Misalnya ada sebuah blog yang punya peraturan tidak boleh menyertakan link aktif, maka kita jangan menyertakan link aktif di dalam komentar.

Hal ini tentunya bertujuan untuk menghargai sang pemilik blog. Agar sang pemilik blog tidak kecewa atas komentar yang diterimanya.

Dan kita sebagai calon yang ingi berkomentar, haruslah patuh terhadap apa yang telah ditentukan. Oleh karena itu, kalau ingin dihormati, maka kita harus terlebih dahulu menghormati orang lain.


Sekian dulu sob yang bisa saya sampaikan kepada sobat semua. Semoga dengan adanya artikel ini, kita para blogger saling berkomentar dengan etika yang baik dan benar.

Jika ada yang dirasa kurang, maka silahkan sobat bisa menambahkannya dikolom komentar blog ini. Ingat! Patuhi etika ini ya!

Bagikan jika sobat ingin membantu saya, dan semakin banyak blogger yang mengerti etika berkomentar.

Salam……

Iklan Atas Artikel

Iklan

Iklan

Iklan