7 Fase yang Pasti Dilalui Oleh Semua Blogger Ketika Ingin Sukses Ngeblog

Setiap blogger pasti selalu mendambakan blognya untuk sukses. Baik itu sukses mendapatkan pengunjung, sukses membangun brand, ataupun sukses mendapatkan earning dari blognya.
Tetapi tidak semua harapan yang di impikannya itu bisa ia capai. Terkadang baru setengah jalan menuju kesuksesan, sudah banyak yang menyerah. Lalu berhenti ngeblog.

Fase-fase dalam blogging, sumber; kompasiana.com

Boleh dibaca; Tutorial mengganti template blog yang benar, sehingga mampu meningkatkan pengunjung blog!

Hal ini tentunya karena mereka tidak bersabar dalam melewati fase-fase yang ada dalam kegiatan blogging. Atau memang mereka telah gagal dan tidak punya semangat untuk mengurus blog hingga menuju kesuksesan.

Nah supayan kita sadar, bahwa ngeblog itu bukanlah cara cepat untuk mencapai kesuksesan, maka ada baiknya kita mengetahui fase-fase dalam kegiatan blogging.

Supaya apa?

Agar kita mengerti kita berada di fase manakah saat ini? Dan seberapa jauh lagi untuk mencapai kesuksesan dalam mengurus blog kita?

Jika kita telah mengetahui hal ini nanti, diharapkan agar kita memahami dan mengambil langkah cerdas untuk kedepannya. Tentunya supaya kita lebih semangat lagi untuk menggapai kesuksesan.
Langsung simak sobat!

1. Fase Perencanaan

Fase perencanaan, sumber; bali-network.blogspot.com

Ini adalah fase yang paling dasar. Dimana dalam fase ini, calon seorang blogger merencanakan untuk membuat blog dan mengelolanya. Seperti merencanakan nama blog, membuat logo, sekaligus dalam mencari niche blog yang sesuai untuk dikelola.

Dalam fase ini juga, mungkin bagi calon blogger yang ingin seruis dalam hal blogging, telah menyiapkan strategi-strategi mantab untuk mengelola blognya di masa yang akan datang.

Seperti mencari tahu tentang apa itu blog, bagaimana cara menentukan niche blog, sampai memahami ……..

Saran saya (bagi yang masih dalam fase perencanaan) adalah; Dalam mencari informasi seperti ini, mungkin lebih baik jangan sekaligus. Karena nantinya akan susah untuk memahaminya, apalagi memnpraktekkannya. Lebih baik mencari informasi yang benar-benar dibutuhkan, lalu sobat menpraktekkannya langsung. Itu akan lebih baik.

Jika memang saat ini sobat masih dalam tahap perencanaan, saya punya rekomendasi artikel buatan para master blog, sehingga sobat bisa memplejari lebih dalam lagi tentang tahap perencanaan ini.

Berikut ini beberapa artikelnya’


Panduan memilih niche blog – artikel buatan Mas Darmawan

Pelajari terlebih dahulu 2 artikel diatas, buatan Mas Sugeng dan buatan Mas Darmawan. Sampai sobat benar-benar telah memahaminya, lalu sobat bisa membuat blog dengan niche yang bagus dan sobat sukai. Maka sobat bisa melanjutkan mengelola blog dalam fase berikutnya.

2. Fase Pembuatan

Pembuatan blog, sumber; bloggerlamongan.com
Setelah berhasil melewati fase pertama, dan memang ada niat untuk membuat dan mengelola blog. Maka fase ini adalah langkah selanjutnya.

Fase pembuatan bisa dibilang fase paling sebentar diantara fase yang lainnya. Paling hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit untuk bisa membuat blog. Namun itu hanya blog kosong saja, yang semua pasti bisa melakukannya.

Sebenarnya ada banyak kegiatan dalam fase ini sob. Seperti mencari tahu bagaimana membuat blog yang benar, membuat menu navigasi penting pada blog, hingga ke pemilihan template pada blog.

Dan oleh karena hal ini, saya juga ada rekomendasi artikel panduan untuk sobat pelajari. Ini dia daftar artikelnya;

Cara membuat blog yang baik dan benar – mas sugeng
Menu navigasi yang wajib ada pada sebuah blog –
10 template blog keren dan super responsive gratis – espada blog

Bagi sobat yang masih dalam tahap pembuatan, segeralah pelajari hal-hal tersebut dengan baik. Tidak usah secara bersamaan dalam mempelajarinya, pelajari saja secara perlahan dan pelan-pelan. Yang penting sobat berhasil dalam tahap pembuatan ini.

3. Fase Pengisian

Pengisian konten blog, sumber; ayousaha.co.id
Bukan mengisi bensin maksud saya. Tetapi mengisi blog dengan artikel yang berkualitas dan bermanfaat bagi pengunjung blog sobat. Sehingga blog sobat akan cepat berkembang.

Di fasi ini, kita juga bisa membuat target yang seru. Misalnya target 3 artikel per hari, yang harus dituruti dan dilakukan. Dengan membuat target seperti itu, maka biasanya blog kita akan cepat berkembang daripada yang lainnya.

Tentunya semakin kita sering mengisi blog dengan konten-konten yang berkualitas, maka blog kita akan cepat mendapatkan banyak pengunjung.

Sobat juga bisa membagi-bagikan oleh-oleh kepada pengunjung, seperti bagi-bagi templete blog, bagi-bagi ebook, bagi-bagi software gratis, dan masih banyak lagi.

Oh iya saya juga masih dalam tahap ini sob. Makanya sekarang saya masih rajin mengisi blog dengan konten yang bagus sebanyak mungkin. Supaya blog ini cepat untuk dikenal oleh banyak orang.

Jika sobat membutuhkan tips khusus dalam fase ini, ini beberapa rekomendasi artikelnya ;

Cara membuat artikel yang berkualitas – dari panduanin, Mas Darmawan.
Cara membuat artikel yang disukai oleh google – Mas Sugeng

Jangan sungkan untuk menginggalkan komentar pada artikel tersebut, jika sobat ada yang ingin ditanyakan. Karena Mas Darmawan dan Mas Sugeng pasti memberikan solusi untuk sobat.

Lanjut baca; 3 Tips ngeblog sederhana dan ampuh untuk bisa sukses dalam dunia blogging

4. Fase Promosi


Saya membuat poin ini karena memang penting.

Jika di blog sobat sudah ada cukup banyak konten yang berkualitas, maka segeralah untuk memrpomosikan konten tersebut. Supaya apa? Supaya lebih banyak lagi yang mengunjungi blog sobat.

Dan tentunya agar brand sobat dikenal oleh banyak orang, se-Indonesia. Sehingga nantinya ada banyak orang yang merekomendasikan blog sobat kepada siapapun.

Untuk kategori promosi, ini rekomendasi artikelnya;

3 cara mempromosikan – dari panduanim, Mas Darmawan.
Cara mempromosikan blog yang benar – dari panduanin, Mas Darmawan

Lho, Mas kok dari panduanim semua sih? Karena penjelasannya sangat luas dan mudah dimengerti oleh kita, para pemula. Jadi saya sangat merekomendasikan belajar promosi blog ini di blognya Mas Darmawan.

5. Fase Peningkatan


Setelah sobat mengisi blog dengan konten yang berkualitas dan berhasil melewati fase prmosi, maka blog sobat akan mengalami peningkatan yang signifikan.

Peningkatan dalam hal apa?

Jumlah pengunjung, jumlah pelanggan atau subscriber, jumlah komentar, dan jumlah backlink, serta peningkatan lainnya.

Ini fase yang paling seru sepertinya sob, karena saya sendiri masih di fase yang ke-3. Karena kita akan bersemangat dalam membuat konten, gara-gara melihat jumlah pengunjung yang begitu banyak.

Di tahap ini juga, brand kita sudah mulai dikenal oleh banyak orang. Apalagi kalau kita ramah kepada pengunjung, seperti gemar membalas email dan komentar, maka mereka akan sangat sering mampir ke blog kita.

Di fase ini kita bukan untuk bermalas-malasan. Melainkan kesempatan untuk lebih banyak mengisi konten yang berkualitas, dan berguna bagi pengunjung. Apalagi pada fase ini, sobat juga gemar memberikan gratisan kepada pengunjung, langsung tuh pengunjung benar-benar memludak.

Mengapa saya mengatakan ini? Padahal saya sendiri belum sampai di fase ini? Karena saya sering mendapatakan hal seperti ini dari blognya Mas Sugeng, terutama kalau membaca komentar para pengunjungnya.

Bakalan banyak yang curhat dan menceritakan pengalamannya. Dan dari sinilah saya juga bisa mendapat pelajaran berharga. Coba deh sobat kunjungi sekarang juga, keren!

6. Fase Sejuta Umat

Fase monetisasi blog, sumber; bloggerlamongan.com

Wah judulnya ngaco nih!!

Eh tapi ini beneran lo!

Maksudnya begini, fase sejuta umat ini adalah fase mendapatkan uang dari blog yang kita kelola. Siapa sih yang nggak mau dapat uang dari blog? Saya mau! Sobat mau! Dan semua blogger pasti mau!

Nah banyak yang mau kan?

Oleh Karena itu namanya sejuta umat.

Di fase ini banyak orang yang tergila-gila karena berburu dolar dari internet. Banyak dari mereka yang kejar-kejaran mendaftarkan blognya kepada Google Adsense.

Hal ini sangatlah wajar. Karena hal inilah yang telah membayar semua kerja keras kita nantinya. Dan hal ini juga yang membuat kita lebih semangat untuk ngeblog secara terus menerus.

Buat sobat yang sudah sampai di fase ini, waduh saya ucapkan selamat buat sobat ya! Keren banget pastinya.

Tapi ingat, justru karena fase inilah yang membuat banyak blogger mengalami kegagalan dalam mengelola blognya. Karena saat berada di fase pertama, fase perencanaan, yang mereka pikirkan hanya uang…uang…dan uang. Tidak pernah memikirkan hal-hal lainnya yang membuat atau mengantarkan blognya kepada yang namanya uang.

Padahal untuk sampai di fase ini, butuh pengorbanan yang besar. Seperti pengorbanan waktu, modal, akal dan modal lainnya. Tetapi bagi mereka yang berfikir kalau mencapai fase ini bisa dilakukan satu hari setelah membuat blog, maka mereka  adalah blogger yang paling gagal.

Biasanya yang sudah sampai di fase ini, banyak kaitannya dengan Google Adsense, oleh karena itu saya ada lagi nih rekomendasi artikel terbaik buat sobat baca dan praktekkan. Ini artikelnya ;

Rahasia agar mudah diterima oleh google adsense – Mas Sugeng
7 alternative lain selain google adsense – dari Mas Didin Ajidin, strukturkode.
J
J

7. Fase Pemeliharaan

Fase pemeliharaan, sumber; idndev.com

Ini adalah fase yang paling enak sob!

Setelah berhasil melewati 7 fase diatas, maka saat seorang blogger sampai di fase ini. Yang mana, kita tinggal mengontrol blog kita di depan monitor. Dan melihat betapa banyaknya pengunjung yang mampir ke blog kita ini.

Di fase ini kita tinggal melakukan hal-hal yang mudah saja. Seperti membalas komentar yang masuk, membalas email, mengirim update artikel terbaru kepada pelanggan, dan juga masih membuat artikel.

Dalam fase ini, brand kita memang sudah dikenal oleh banyak orang. baik itu blogger lain, masyarakat, hingga mungkin praktisi-praktisi handal.

Baca juga; Ngeblog itu pekerjaan yang mudah dan seru, tetapi bisa menyesatkan!!

Demikian artikel tentang 7 fase yang pasti dilalui oleh semua blogger yang ingin sukses. Jika memang sobat merasa artikel ini juga bermanfaat bagi orang lain, maka sobat bisa membantu saya untuk membagikan artikel ini kepada banyak orang. Bisa melalui tombol share di bawah postingan ini. Terimakasih.

Salam….

Iklan Atas Artikel

Iklan

Iklan

Iklan