5 Cara Merawat Blog dengan Baik dan Benar Agar Visitor Terus Meningkat

Sebuah blog pada dasarnya juga perlu untuk dirawat, hal ini tentunya agar blog selalu mengalami perkembangan di setiap waktu. Sehingga untuk ke depannya, blog yang dikelola akan mengalami pertumbuhan traffic yang baik dan terus meningkat.

Blog itu harus dirawat, sumber; bilikblogging.


Ada banyak upaya yang bisa kita lakukan untuk merawat blog, baik itu yang dilakukan secara gratis maupun yang berbayar. Dan ada upaya yang mudah juga ada upaya merawat blog yang sulit.
Sang pemilik blog bisa melakukannya melalui tips-tips yang ada di internet, salah satunya yang sedang sobat baca ini.

Artikel ini saya buat khusus bagi para sobat yang blognya sudah ada di fase pemeliharaan, bagi yang belum baca artikel tentang 7 fase yang harus dilalui oleh blogger sukses, silahkan klik langsung baca dulu ya!


Fase pemeliharaan/ perawatan adalah kondisi dimana suatu blog yang sudah lama dikelola oleh sang pemilik, telah mengalami masa kejayaannya. Maksudnya begini sob, blog yang sudah sampai pada masa ini, sudah punya artikel yang memadai, jumlah pengunjung yang banyak setiap harinya, serta biasanya akan selalu ada komentar di setiap artikelnya.

Untuk sampai di fase ini, tentu butuh waktu dan perjuangan yang sangat lama. Mungkin sekitar 3-5 tahunan. Dan sebelum sampai di fase ini, banyak sekali para blogger yang gagal dalam mengelola blog.

Oke sob, langsung aja ini dia cara dan tipsnya;

1. Terus memposting artikel

Tulis aja terus...sumber; blogooblok.

Jika sebuah blog yang telah memiliki banyak pengunjung setiap harinya, maka sudah pasti karena artikelnya berkualitas dan telah dipromosikan. Dan biasanya, sudah terlalu lama umur artikelnya.

Jarang sekali sang pemilik blog memposting artikel terbaru. Hal inilah yang terkadang membuat saya kecewa. Padahal, artikelnya bagus dan berkualitas serta dibutuhkan oleh banyak orang.

Sangat disayangkan, sang admin jarang sekali update artikel atau bahkan tidak pernah posting artikel lagi.

Oleh karena itu, memposting artikel terbaru adalah hal yang bagus. Walaupun blog sobat telah menjadi blog yang punya banyak setiap harinya. Jangan merasa sombong karena telah punya banyak visitor, lalu bermalas-malasan dalam ha posting artikel.

Agar pengunjung tetap mengenang blog sobat, maka rajin-rajinlah posting artikel terbaru. Tidak usah setiap hari, setiap minggu, cukup satu bulan sekali saja. Yang penting adalah kualitas artikelnya, bukan kuantintas.

Dengan begitu, pengunjung pun akan mengira bahwa kita masih sering berinteraksi dengannya. Dan karena hal ini, sudah pasti bagi mereka para fans sobar, akan segera datang setiap hari untuk melihat blog sobat dan membaca artikel terbaru.

Selain itu, membuat postingan baru juga mengindari kebosanan pengunjung terhadap artikel yang, itu-itu aja. Kalau sudah bosan, maka mereka bisa saja pergi meninggalkan blog sobat begitu saja.

Pikirkan juga sob, bagaimana dengan pengunjung yang telah mendaftarkan e-mailnya untuk berlangganan artikel di blog sobat?

Bukankah mereka menunggu artikel terbaru dari sobat? Jika mereka tidak mendapatkan notifikasi bahwa ada artikel terbaru dari blog sobat, maka pasti mereka akan kecewa.

Nah, oleh karena itu, marilah rajin update artikel untuk blog yang telah sukses. Agar semakin sukses tentunya!!

2. Update artikel juga bagus


Nah, apabila sobat memang nggak punya waktu untuk membuat artikel terbaru, maka artikel yang telah lama bisa sobat perbaharui. Ini juga bagus untuk blog sobat, karena artikel yang up to date itu informasinya telah baru.

Hal ini juga untuk menghindari yang namanya “artikel basi”. Menurut saya, sebuah konten yang tidak gampang basi, artinya artikel yang informasinya berguna terus-menerus, akan lebih bagus jika diperbaharui.

Sehingga artikel tersebut informasinya tetap berguna bagi pengunjung blog. Dan apabila sebuah konten yang nggak gampang basi, tidak di update, maka sama saja informasinya tidak layak lagi untuk di pelajari.

Jangan lupa baca; Keuntungan dan kekurangan mengelola blog gado-gado!

Misalnya begini sob, ketika sobat mengunjungi suatu blog yang membahas suatu hal. Nah, ketika itu, sobat melihat tanggal dan tahun dibuatnya konten tersebut sudah sangat lama. Misalnya konten tersebut dibuat pada tahun 2013, sedangkan sobat membaca konten tersebut pada tahun 2018.

Wah sudah berapa tahun umur artikelnya? Kurang lebih 5 tahun sob!!

Coba artikel tersebut diperbaharui pada tahun 2017, mungkin informasinya akan lebih baik dari tahun 2013 tersebut.

Intinya adalah, selalu update artikel yang sudah ada pada blog, agar pengunjung selalu mendapatkan artikel yang masih layak dan berguna untuk dipraktekkan.

3. Perbaiki tampilan blog

Perbaiki tampilan blog.

Jangan anggap sepele hal ini. Karena, tampilan pada blog yang gitu-gitu aja akan membuat pengunjung bosan. Termasuk saya sendiri, mudah bosan dengan tampilan blog sendiri.

Blog yang tampilannya sudah terlalu usang (jadul) tidaklah bagus dipandang mata pengunjung, atau bahkan kita sendiri. Hal ini karena banyak sekali blog yang membahas topik yang sama dengan blog kita, namun punya tampilan dan desain lebih bagus dari blog kita.

Hal ini tentu saja pengunjung lebih memilih blog yang punya tampilan yang lebih baik dan membuatnya nyaman. Untuk mengatasi agar pengunjung tidak kabur dari blog sobat adalah sobat harus memperbaiki penampilan blog.

Sebenarnya nggak usah mengganti template, kalau template yang digunakan saat ini masih sangat bagus performanya. Cukup dengan mengganti warna template, mengatur tata letak yang baik, ataupun memperbaiki navigasi pada blog.

Jangan ketinggalan; Donwload template BroSense untuk meningkatkan pendapatan Adsense.

Gunakan warna yang tidak membuat sakit mata, atau warna yang terlalu mencolok. Menggunakan warna yang cerah juga tidak masalah, seperti blog saya ini, nggak bikin sakit mata kan?

Jangan pula menggunakan warna yang loyo, atau membuat kita akan lemas ketika melihatnya. Dan atur pula tata letak dengan kondisi yang bagus. Misalnya letak popular post, dipindah ke bagian sidebar blog.

Dengan melakukan pembaruan pada tampilan blog sobat, yang tentunya semakin keren, maka pengunjung pasti tidak bosan melihat tampilan blog kita. Justru mereka akan terkesan dengan tampilan blog kita.

4. Balas komentar pengunjung


Kalau malas melakukan 3 hal diatas, maka sobat bisa membalas komentar pengunjung yang tersedia. Karena selain memalas komentar itu adalah hal yang bermanfaat, maka kegiatan ini juga menandakan bahwa kita sang admin, masih aktif mengelola blog yang mereka baca.

Wajib baca; 7 Etika Berkomentar yang Baik dan Benar

Biasanya sih kalau blog-blog terkenal, banyak banget komentarnya. Tetapi kadang sang admin tidak membalas komentar pengunjung. Padahal membalas komentar pengunjung itu banyak manfaatnya.

5. Perbaiki link yang rusak


Bagi sobat yang punya blog dengan artikel sudah ratusan atau bahkan ribuan, maka mengecek link adalah suatu kewajiban. Karena sering sekali terjadi link yang rusak namun tidak kita ketahui langsung.

Mengecek dan memperbarui link yang rusak sangatlah memberi manfaat. Terutama bagi pengunjung yang ingin membaca potingan tersebut. Alasannya, karena artikel tersebut sangatlah menarik.

Nah jangan sampai ketika pengunjung blog sobat ingin membaca potingan tersebut, namun ketika link diklik, maka yang muncul bukanlah sebuah postingan, malah halaman 404 error.

Untuk mengatasi hal tersebut, sobat bisa gunakan tool gratis dari google, yaitu webmaster tool. Bagi yang belum tahu apa itu google webmaster tool, sobat bisa membaca artikel lengkapnya disini.


Demikian artikel yang bisa saya sampaikan kepada sobat semua. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman-teman blogger lainnya ya!!

Salam…..

Iklan Atas Artikel

Iklan

Iklan

Iklan