Keuntungan dan Kekurangan Mengelola Blog Gado-gado

Kali ini, saya khusus membahas topik mengenai blog dengan topik gado-gado sob. Tujuannya supaya para pemilik gado-gado tidak tersindir lagi di blog-blog yang membahas bahwa blog gado-gado itu blog yang jelek.

Karena saya telah menemui banyak sekali blog yang mengatakan bahwa mengurus blog gado-gado itu bukanlah bisnis yang bagus. Yang artinya sama saja menyindir para pemilik blog gado-gado.
Padahal, ada banyak blog yang bertopik gado-gado yang telah sukses. Sukses mendapatkan pengunjung, sukses mendapatkan uang juga tentunya. Ini bukti bahwa blog gado-gado itu adalah blog yang bagus dan kita harus pandai dalam mengelolanya.

Blog gado-gado itu menguntungkan!!

Ingin contoh blog dengan topik gado-gado yang telah sukses, ini dia;

Terbarux.blogspot.com
Espadablog.blogspot.com
caraseobali.com


Sobat bisa cek sendiri contoh blog dengan topik gado-gado tersebut. Keren kan?

Blog dengan topik gado-gado itu, kalau dimata saya namanya adalah blog pecel. Iya, saya menyebutnya dengan nama blog pecel. Alasannya? Supaya lebih gampang menyebutnya dan agar lebih popular.

Menurut saya sendiri sob, blog pecel adalah blog yang bagus bila dikelola dengan baik dan benar. Karena jenis blog ini tidak terlalu rumit dalam menulis konten untuk mengisinya.

Ya, namana aja udah blog pecel, terserah mau diisi dengan topik apa. Pokoknya semau kita sendiri sebagai sang admin.

Nah berikut ini beberapa keuntungan yang bisa sobat dapatkan jika memiliki blog pecel yang masih diurus.

Keuntungan mengelola blog gado-gado

1. Mudah membuatnya


Blog pecel itu memang sangat mudah membuatnya.  Tinggal daftar di blogger atau di wordpress, pasang template yang bagus, udah jadi sob. Memang sama seperti proses pembuatan blog pada umumnya.

Yang saya maksud mudah disini adalah mudah dalam mengelolanya. Bingung ya? Begini maksudnya, apabila sobat telah berhasil membuat blog pecel, dan berencana mengatur tata letak dan tampilannya, maka kita akan dengan mudah mengaturnya.

Misalnya saja, dari pemilihan template blog. Tentu saja memilih template blog untuk blog pecel tidaklah rumit. Tidak perlu yang premium, cari yang gratis aja tetapi sudah punya cukup banyak fitur.

Dan membuat menu navigasinya juga nggak susah amat. Buat saja dengan judul, misalnya kesehatan, bisnis, blogging atau menu lainnya. Setalah itu, beri link pada navigasi tadi. Sudah selesai.

Mudahkan?

Bandingkan dengan pembuatan blog dengan niche tertentu. Misalnya niche blog kesehatan, maka harus mencari template yang berkaitan dengan kesehatan. Mengatur tata letak yang agak rumit, yaitu rumitnya ketika di bagian meletakkan widget, harus pas dan mantap buat pengunjung.

Belum lagi informasi yang disampaikan oleh blog dengan niche kesehatan haruslah yang jujur dan terpercaya. Karena apabila salah informasi, maka bisa mencelakakan pengunjung.

Intinya adalah blog pecel itu tidak usah istimewa!! Cukup sederhana saja.

2. Soal posting itu gampang!!


Karena blog pecel terserah mau di isi dengan artikel apa saja. Jadi, nggak ada alasan yang namanya kehabisan ide buat posting artikel. Hal inilah yang terkadang membuat blog pecel itu cepet mendapatkan banyak pengunjung. Ya karena sang admin bisa posting 10 artikel dalam satu hari. kalau satu bulan sudah berapa artikel?

Inilah salah satu kelebihan atau keuntungan yang di dapatkan ketikata mengurus blog pecel. Jadi gampang buat artikel dan semakin rajin posting sob!!

Tetapi ingat juga sob!!

Menulis informasi itu nggak boleh bohong dan asal asalan. Sehingga pengunjung akan menerima informasi yang salah dari blog kita. Jangan sampai hal itu kita lakukan.

Dan juga jangan pernah copy paste tulisan orang lain, karena akan kena balasan seperti pada postingan saya 13 karakter unik blogger Indonesia.

Jadi, walaupun blog sobat adalah blog pecel, kalau informasinya berguna buat pengunjung, maka itu adalah hal yang sangat bagus. Apalagi ketika ada pengunjung yang merekomendasikan blog sobat kepada orang lain, itu lebih keren lagi!!

3. Cepet dapat trafik


Seperti yang sudah saya singgung di atas.

Bahwa blog pecel biasanya paling cepat dalam hal trafik. Hal ini karena jumlah artikel yang ditulis oleh sang admin biasanya akan sangat banyak. Dan kalau sudah banyak, maka google berati lebih banyak mengindeks URL blog pecel tersebut.

Ketika sudah terindeks oleh google, maka biasanya artikel tersebut bisa saja nampil dihalaman pertama google. Sehingga akan banyak pengunjung yang mampir di blog pecel ini.

4. Membuat kita semangat!


Ketika mengurus blog pecel, ada banyak blogger yang sangat bersemangat untuk terus menerus membuat artikel. Apalagi bagi sang admin yang tidak hanya memiliki satu blog saja, maka memiliki blog gado-gado adalah suatu hal yang sangat bagus.

Mengapa?

Karena ketika kita sedang bosan membuat artikel untuk blog dengan niche tertentu, maka kita bisa menulis apa saja di blog pecel yang kita punya. Enaklah sob pokoknya!!

Dan yang membuat saya merasa kecewa adalah, mereka hanya dibagian awal saja merasa semangat 45, tetapi setelah merasakan tidak mendapat penghasilan, mereka langsung meninggalkan blog yang dikelola.

Padahal blog bukanlah cara cepat untuk menghasilkan uang. Butuh proses yang sangat panjang.

5. Gudangnya informasi


Sudah sangat jelas bahwa blog pecel itu punya konten yang campur aduk nggak terarah. Hal inilah justru membuat blog pecel menjadi gudangnya informasi.

Meskipun begitu, kita sebagai admin blog tidak boleh menyajikan konten yang dihasilkan dari copas artikel orang lain. Sajikan konten yang menarik dan original.


Kekurangan mengelola blog gado-gado


Meskipun blog pecel punya beberapa manfaat, ada juga kekurangan yang akan kita rasakan jika mengelola blog pecel ini.

Ini kekurangannya;

1. Tidak punya pembaca setia


Mungkin punya, namun tidak seberapa.

Mengelola blog dengan niche gado-gado memang hal yang tidak salah. Tetapi jika sobat ingin blognya dikenal oleh banyak orang, maka mengelola blog pecel bukanlah suatu hal yang bagus.

Hal ini kerena blog yang dikenal oleh banyak orang (di internet) mayoritas adalah blog yang membahas satu topik saja. Sehingga mereka bisa dikenal oleh banyak orang di internet, yak arena hal itu tadi.

Mengapa mereka bisa dikenal oleh banyak orang?

Dengan menyajikan konten satu topik, para pengunjung yang membuatuhkan informasi dari internet tentunya akan mencari blog dengan topik yang ingin di carinya.

Ketika sudah menemukan yang pas, maka mereka akan berlangganan atau datang ke blog tersebut untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkannya.

Misalnya, saya butuh informasi mengenai kesehatan, saya searching di google dengan keyword “artikel kesehatan” setelah itu muncul beberapa blog dengan artikel kesehatan, maka saya akan mengeklik satu-persatu blog yang tampil di mesin pencari. Sampai saya menemukan blog dengan informasi yang saya cari tadi.

Itu gambarannya.

Tetapi jik blog pecel, maka pengunjung tidak akan kembali lagi ke blog kita. Karena mereka tidak menemukan artikel yang pas untuk dibaca. Selain itu, jumlah artikel untuk topik tertentu sangatlah terbatas untuk blog pecel.

Jalan satu-satunya untuk mengatasi hal ini adalah dengan memasang kolom subscribe di blog, dengan begitu, pengunjung yang tertarik dengan konten kita akan memasukkan emai-nya dan bersedia berlangganan di blog gado-gado tersebut.

2. Susah mendapatkan penghasilan


Memang benar. Blog dengan topik pecel seringkali mengalami kegagalan dalam memperoleh penghasilan dari internet. Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini bisa terjadi. Yaitu;

Pengunjung blog

Tetapi sobat tidak usah khawatir dalam hal ini. Blog yang saya sebutkan diatas penghasilan perbulannya cukup tinggi, bahkan ada yang 10 jutaan dalam satu bulan.

Intinya adalah harus bersabar dan konsisten dalam menjalani aktifitas blogging. Karena semua itu sudah ditentukan  oleh yang masa kuasa.
Kita hanya menjalaninya saja.

3. Tidak punya ciri khas


Rata-rata blog dengan topik pecel memang tidak mempunyai ciri khas. Namun ada juga yang punya ciri khas, yaitu dari sisi penyajian konten dalam blog.

Cerita mengenai ciri khas, maka nanti akan sampai pada keunikan.

Sebenarnya, hal ini adalah hal yang kurang penting dalam dunia blogging. Karena ciri khas hanyalah penghias blog kita dimata pengunjung, tentang bagaimana blog dan artikel kita bagi mereka (pengunjung).

Tetapi, akan lebih baik lagi jika kita memiliki ciri khas tersendiri dalam dunia blogging. Karena para pengunjung kita akan mendapatkan sesuatu yang berbeda dari kita.

Ciri khas bisa datang dari berbagai hal, misalnya dari segi penyajian konten, desain dan tampilan blog, tipe blogger, atau hal lainnya. Dan ciri khas membuat kita berbeda dari orang lain.

4. Pengunjung tidak puas


Tidak puas karena mereka tidak mendapatkan jawaban dari konten yang disajikan. Mungkin hal ini tidak berlaku untuk semua blog pecel, akan tetapi sebagian besar saja. Karena blog dengan niche apapun bisa di isi dengan konten yang pendek dan kurus.

Sebenarnya tidak ada salahnya jika membuat konten yang pendek, dengan catatan langsung ke dalam pembahasan. Tidak usah basa-basi, atau langsung to the point. Tetapi, sepertinya konten seperti ini kurang diminati di Indonesia, karena kita dikenal sebagai bangsa yang ramah, maka tidak ada salahnya untuk membuat konten yang di sedikit basa-basi.

Konten yang panjang juga belum tentu membuat pengunjung merasa puas. Karena banyak juga konten yang panjang namun isinya nggak nyambung. Hal ini tentunya harus dihindari, supaya blog yang kita kelola bisa maju dan mendapatkan trafik yang tinggi.

5. Sulit untuk memperoleh subscriber

Saya tadi sudah bilang bahwa dengan menyediakan kolom subscribe di blog itu bisa membuat kita beruntung, dalam hal trafik. Karena dengan kotak subscriber, blog kita akan aman-aman saja misalnya pengunjung sepi. 

Blog dengan niche gado-gado memang sepertinya sulit untuk mendapatkan pelanggan. Hal ini karena di pengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu

  • Pengunjung tidak suka dengan konten yang ada
  • Pengunjung tidak ingin mendapatkan artikel yang berisi hal yang tidak ia minati
  • Ada persaingan yang ketat
  • Adanya faktor lain
Nah karena beberapa faktor tersebut, pengunjung enggan untuk berlangganan di blog gado-gado. Dan akhirnya mereka pergi meninggalkan blog setelah selesai membaca konten. Dan mungkin butuh beberapa waktu untuk mendapatkan jumlah subscriber yang banyak.

Jadi, sobat pilih mana?


Nah, sekarang adalah sobat sendiri yang menentukan untuk lebih memilih blog dengan satu niche atau blog gado-gado. Semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan tentunya itu merupakan pilihan terbaik sobat.

Sebenarnya, mengelola blog gado-gado itu lebih cepat sukses. Mengapa? Karena, blog gado-gado jika dikelola dengan baik dan benar akan mengalami peningkatan yang sangat cepat. Sehingga perkembangannya juga akan cepat naik.

Blog niche cenderung lebih lama memang, mengingat topik yang dibahasnya hanya satu saja. Dan biasanya akan membuat sang pemiliknya cepat mengalami kebosanan dalam membuat konten.

Jika sobat adalah blogger yang baru mengenal dunia blogging, maka saya sangat menyarankan untuk mengelola blog gado-gado. Karena akan lebih menguntungkan dan tidak melelahkan.

Demikian artikel mengenai blog gado-gado, semoga akan membantu sobat dalam memilih dan memutuskan untuk mengelola blog apa kedepannya.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ya!!!

Salam.....

Iklan Atas Artikel

Iklan

Iklan

Iklan